Walk Cycle
Tujuan
Membuat animasi walk cycle
Alat
Blender 2.6+
Bahan
Dasar Teori
A. Walk Cycle Pose
Sebuah walk cycle dapat disusun dengan mengikuti acuan pose-pose berikut
Walk cycle poses
B. Biped Rig by Nathan Vegdal
Ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang biped rig yang akan digunakan, diantaranya meliputi setting IK dan FK, cara penggunakan IK pada kaki untuk mengatur pose kaki.
C. Blender Dope Sheet Editor
Blender dopesheet editor digunakan untuk melihat property apa saja yang terpengaruh oleh sebuah keyframe.
Dopesheet Editor
D. Blender Graph Editor
Graph editor merupakan editor untuk memanipulasi spacing antar keyframe. Digunakan untuk mengimplementasikan ease in, ease out, dan constant movement.
graph-editor
Graph Editor
E. Motion Paths
Motion path merupakan menu untuk menvisualkan kalkulasi gerakan yang dilakukan oleh blender. Salah satu kegunaan alat ini adalah untuk mengecek arcs dari sebuah gerak animasi.
Cube with motion path
Petunjuk Praktikum
- Gunakan Dope sheet editor untuk mengatur timing
- Gunakan Graph editor untuk mengatur spacing
- Gunakan Motion path untuk mengevaluasi arcs dan spacing
- Berikut adalah contoh basic walk cycle menggunakan extreme position dan passing position
Hasil Praktikum
1. extreme position dan passing position.
2. Modifikasi walk cycle sederhana tersebut dengan menambahkan up position dan down position.
3. Modifikasi walk cycle tersebut dengan menambahkan gerak naik turun bahu dan pinggul.
Kesimpulan
Dalam membuat animasi walk cycle ada beberapa prinsip yg perlu digunakan agar pose saat berjalan benar dan terlihat natural, hasil yg saya buat saya rasa sudah lumayan.
Referensi
http://www.mohhasbias.com/prak-10-walk-cycle/
No comments:
Post a Comment
Don't be a silent reader! ;)