Sunday, May 17, 2015

Praktikum 10

Walk Cycle


Tujuan

Membuat animasi walk cycle

Alat 

Blender 2.6+

Bahan 


biped-rig



Dasar Teori 

A. Walk Cycle Pose

Sebuah walk cycle dapat disusun dengan mengikuti acuan pose-pose berikut
walk-cycle-poses
Walk cycle poses


B. Biped Rig by Nathan Vegdal

Ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang biped rig yang akan digunakan, diantaranya meliputi setting IK dan FK, cara penggunakan IK pada kaki untuk mengatur pose kaki.


C. Blender Dope Sheet Editor

Blender dopesheet editor digunakan untuk melihat property apa saja yang terpengaruh oleh sebuah keyframe.

dopesheet-editor

Dopesheet Editor


D. Blender Graph Editor

Graph editor merupakan editor untuk memanipulasi spacing antar keyframe. Digunakan untuk mengimplementasikan ease in, ease out, dan constant movement.
graph-editor

graph-editor

Graph Editor


E. Motion Paths

Motion path merupakan menu untuk menvisualkan kalkulasi gerakan yang dilakukan oleh blender. Salah satu kegunaan alat ini adalah untuk mengecek arcs dari sebuah gerak animasi.

cube-motion-path

Cube with motion path


Petunjuk Praktikum

  • Gunakan Dope sheet editor untuk mengatur timing
  • Gunakan Graph editor untuk mengatur spacing
  • Gunakan Motion path untuk mengevaluasi arcs dan spacing
  • Berikut adalah contoh basic walk cycle menggunakan extreme position dan passing position


Hasil Praktikum

1. extreme position dan passing position.



2. Modifikasi walk cycle sederhana tersebut dengan menambahkan up position dan down position.




3. Modifikasi walk cycle tersebut dengan menambahkan gerak naik turun bahu dan pinggul.



Kesimpulan

Dalam membuat animasi walk cycle ada beberapa prinsip yg perlu digunakan agar pose saat berjalan benar dan terlihat natural, hasil yg saya buat saya rasa sudah lumayan.


Referensi

http://www.mohhasbias.com/prak-10-walk-cycle/



No comments:

Post a Comment

Don't be a silent reader! ;)