Sunday, April 26, 2015

Praktikum 7

Basic Material and Texturing


Tujuan

Mengenal cara mewarnai obyek 3D (3D model)

Alat

Blender 2.73a

Bahan

(tanpa bahan)

Dasar Teori

Ada banyak cara untuk mewarnai 3D model. Secara umum ada 3 bagian yang saling berkaitan yaitu:
  1. Material
  2. Texture
  3. Lighting

Ketiga komponen itu hanya berupa setting dimana diperlukan satu komponen lagi untuk memproses settingan tersebut. Komponen yang bisa memproses settingan tersebut disebut dengan render engine. Di blender terdapat dua render engine, yaitu blender internal dan cycles. Secara default, yang aktif adalah blender internal. Akan tetapi untuk pemula, relatif lebih mudah jika menggunakan cycles.


Introduction to Cycles

Berikut adalah perkenalan singkat dengan render cycles yang disajikan oleh andrew price dari blender guru https://youtu.be/UTwXG3K4l2g

Introduction to UV Mappping

Berikut adalah perkenalan dengan uv mapping https://www.youtube.com/watch?v=gQrFL0S7CNQ

Introduction to texturing

Berikut adalah penjelasan dasar tentang texturing. silahkan disimak di blendercookie, atau lihat video embed-nya di sini https://youtu.be/G7Cd74z8syY

Realistic texturing

Realistic texturing berangkat dari gambar texture yang bagus, tapi tidak berhenti disitu. perlu dilanjut ke bump map, reflection map, dan displacement map. Detailnya bisa dipelajari di blender guru, berikut adalah video penjelasannya. (Warning: English Ear Required)



Petunjuk Praktikum

Percobaan 1: Material Setting
Ikuti petunjuk tutorial berikut untuk bermain dengan material setting dasar yang disediakan oleh blender. Tutorialnya bisa dibaca di cgtutplus

Percobaan 2: UV Mapping
Ikuti petunjuk tutorial berikut untuk uv mapping. Tutorialnya bisa dilihat di cgtutplus


Hasil Praktikum


Kesimpulan 

Dengan menggunakan material dan tekstur pada 3D Models, object  3D model terlihat lebih realistis dan menarik. 

Referensi

http://www.mohhasbias.com/prak-7-basic-material-and-texturing/

No comments:

Post a Comment

Don't be a silent reader! ;)