Monday, September 8, 2014

Laporan Pendahuluan Praktikum 2

Timing Frame



Tujuan
  • Mahasiswa mengetahui tentang timing frame pada Pencil 2D.
  • Mahasiswa dapat membuat animasi dengan timing frame yang tepat.

Dasar Teori
Timing merupakan salah satu prinsip dasar yang perlu diperhatikan dalam membuat animasi. Keahlian dalam pengaturan waktu dalam animasi diperoleh dengan pengalaman dan eksperimen pribadi, menggunakan metode trial and error dalam menyempurnakan teknik.  
Grim Natwick -seorang animator Disney pernah berkata, “Animasi adalah tentang timing dan spacing”. Timing adalah tentang menentukan waktu kapan sebuah gerakan harus dilakukan, sementara spacing adalah tentang menentukan percepatan dan perlambatan dari bermacam-macam jenis gerak. 
Gambar yang jumlahnya banyak akan menghasilkan gerakan lambat dan halus. Gambar sedikit menghasilkan gerakan lebih cepat dan lebih kasar. Berbagai waktu lambat dan cepat dalam adegan menambahkan tekstur dan menarik bagi gerakan. Juga, ada waktu dalam akting dari karakter untuk membangun suasana hati, emosi, dan reaksi terhadap karakter lain atau situasi. 
Mempelajari gerakan aktor dan penyanyi di atas panggung dan di film berguna ketika menghidupkan karakter manusia atau hewan. Agar timing akurat, diperlukan pengaturan dope sheets pada animasi manual maupun timeline pada animasi digital, yang berisi keterangan tentang gerakan, dialog dan waktu. 

Walk timing 1  


Sumber: http://anazdesign.wordpress.com/2012/10/22/prinsip-prinsip-animasi/


No comments:

Post a Comment

Don't be a silent reader! ;)